PENGARUH IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Authors

  • Deni Ariadi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Gempitah Asmaul Husna Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Sri Trisnaningsih Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33005/senapan.v2i1.183

Keywords:

CSR, Nilai Perusahaan, GCG

Abstract

Tujuan dari dilakukan penelitian ini yaitu untuk melihat apakah Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance berpengaruh baik secara simultan ataupun parsial terhadap nilai perusahaan yang terdapat dalam perusahaan manufaktur yang sudah tercatat di dalam Bursa Efek Indonesia Tahun 2016 -2018. Di dalam pengujian ini peneliti menggunakan Teknik Analisa data menggunakan statistik. Sedangkan untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan Regresi Linier Berganda, Uji R2, Uji F dan Uji T. di dalam penelitian ini yang menjadi sampel yaitu pengungkapan pertanggungjawaban sosial melalui laporan berkelanjutan atau sustainability report dan data mengenai dewan direksi, dewan komisaris dan komite audit pada Perusahaan Manufaktur yang sudah tercatat di Bursa Efek Indonesia. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan dengan menggunakan Statistic Product and Service Solution versi 26 (SPSS 26), menunjukkan bahwa CSR mempengaruhi nilai perusahaan dan GCG tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, diketahui dari analisis regresi linier berganda, dan secara parsial, variabel independent yaitu CSR berpengaruh terhadap variabel dependent yaitu nilai perusahaan hal ini diketahui dari nilai signifikansi lebih kecil dari tingkat signifikansinya dan variabel independent yaitu GCG tidak berpengaruh terhadap variabel dependent yaitu nilai perusahaan hal ini diketahui dari nilai signifikansi lebih besar dari tingkat signifikansinya. Sedangkan Secara simultan atau bersamaan, variabel independent yaitu CSR dan GCG berpengaruh terhadap variabel dependent yaitu nilai perusahaan, dibuktikan dengan nilai signifikansi lebih kecil dari tingkat signifikansinya.

Downloads

Published

2022-05-31

How to Cite

Deni Ariadi, Gempitah Asmaul Husna, & Sri Trisnaningsih. (2022). PENGARUH IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN. Seminar Nasional Akuntansi Dan Call for Paper, 2(1), 56–72. https://doi.org/10.33005/senapan.v2i1.183

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)