ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT UNDERPRICING PADA PERUSAHAAN GO PUBLIC

Authors

  • Novita Anggraini Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Sri Trisnaningsih Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Underpricing, Reputasi Underwriter, Ukuran Perusahaan, ROA, Presentase Saham yang Ditawarkan, Financial Leverage

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan membuktikan secara empiris pengaruh faktor-faktor yang terdiri dari: reputasi underwriter, ukuran perusahaan, Return On Asset (ROA), presentase saham yang ditawarkan dan financial leverage terhadap tingkat underpricing pada perusahaan go public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Perusahaan yang melakukan Initial Public Offering (IPO) di tahun 2018 merupakan populasi dalam penelitian ini. Seleksi dan pemilihan sampel menggunakan purposive sampling. Setelah dilakukan seleksi dan pemilihan sampel penelitian dengan berbagai kriteria dihasilkan 42 perusahaan yang terpilih sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi berganda. Temuan dalam penelitian ini yakni reputasi underwriter, ukuran perusahaan, Return On Asset dan presentase saham yang ditawarkan memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap underpricing. Sedangkan financial leverage memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap underpricing. Variabel independen yaitu reputasi underwriter, ukuran perusahaan, Return On Asset (ROA), presentase saham yang ditawarkan dan financial leverage tidak memiliki pengaruh secara simultan terhadap variabel dependen.

Downloads

Published

2021-03-18

How to Cite

Novita Anggraini, & Sri Trisnaningsih. (2021). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT UNDERPRICING PADA PERUSAHAAN GO PUBLIC. Seminar Nasional Akuntansi Dan Call for Paper, 1(1), 561–572. Retrieved from https://senapan.upnjatim.ac.id/index.php/senapan/article/view/270

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)