ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT UNDERPRICING PADA PERUSAHAAN GO PUBLIC
DOI:
https://doi.org/10.33005/senapan.v1i1.270Keywords:
Underpricing, Reputasi Underwriter, Ukuran Perusahaan, ROA, Presentase Saham yang Ditawarkan, Financial LeverageAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan membuktikan secara empiris pengaruh faktor-faktor yang terdiri dari: reputasi underwriter, ukuran perusahaan, Return On Asset (ROA), presentase saham yang ditawarkan dan financial leverage terhadap tingkat underpricing pada perusahaan go public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Perusahaan yang melakukan Initial Public Offering (IPO) di tahun 2018 merupakan populasi dalam penelitian ini. Seleksi dan pemilihan sampel menggunakan purposive sampling. Setelah dilakukan seleksi dan pemilihan sampel penelitian dengan berbagai kriteria dihasilkan 42 perusahaan yang terpilih sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi berganda. Temuan dalam penelitian ini yakni reputasi underwriter, ukuran perusahaan, Return On Asset dan presentase saham yang ditawarkan memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap underpricing. Sedangkan financial leverage memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap underpricing. Variabel independen yaitu reputasi underwriter, ukuran perusahaan, Return On Asset (ROA), presentase saham yang ditawarkan dan financial leverage tidak memiliki pengaruh secara simultan terhadap variabel dependen.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.