DETERMINAN PADA NILAI PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Authors

  • Fira Shafina Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Saiful Anwar Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

corporate social responsibility, good corporate governance, nilai perusahaan, profitabilitas, slack resources

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh profitabilitas, slack resources, dan good corporate governance terhadap nilai perusahaan dengan corporate social responsibility sebagai variabel intervening. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasinya adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di BEI pada tahun 2015-2019. Sampel diambil dengan menggunakan sampling purposive, sehingga menghasilkan 27 perusahaan. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan data sekunder. Teknik analisa dan uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan WarpPLS 7.0. Hasil penelitian ini yaitu (1) profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, (2) slack resources tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, (3) good corporate governance tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, (4) corporate social responsibility tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, (5) profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap corporate social responsibility, (6) slack resources berpengaruh signifikan terhadap corporate social responsibility, (7) good corporate governance tidak berpengaruh signifikan terhadap corporate social responsibility, (8) corporate social responsibility tidak dapat memediasi pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan, (9) corporate social responsibility tidak dapat memediasi pengaruh slack resources terhadap nilai perusahaan, dan (10) corporate social responsibility tidak dapat memediasi pengaruh good corporate governance terhadap nilai perusahaan.

Downloads

Published

2021-03-18

How to Cite

Fira Shafina, & Saiful Anwar. (2021). DETERMINAN PADA NILAI PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Seminar Nasional Akuntansi Dan Call for Paper, 1(1), 513–524. Retrieved from https://senapan.upnjatim.ac.id/index.php/senapan/article/view/266

Issue

Section

Articles