DETERMINAN PADA NILAI PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
DOI:
https://doi.org/10.33005/senapan.v1i1.266Keywords:
corporate social responsibility, good corporate governance, nilai perusahaan, profitabilitas, slack resourcesAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh profitabilitas, slack resources, dan good corporate governance terhadap nilai perusahaan dengan corporate social responsibility sebagai variabel intervening. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasinya adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di BEI pada tahun 2015-2019. Sampel diambil dengan menggunakan sampling purposive, sehingga menghasilkan 27 perusahaan. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan data sekunder. Teknik analisa dan uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan WarpPLS 7.0. Hasil penelitian ini yaitu (1) profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, (2) slack resources tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, (3) good corporate governance tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, (4) corporate social responsibility tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, (5) profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap corporate social responsibility, (6) slack resources berpengaruh signifikan terhadap corporate social responsibility, (7) good corporate governance tidak berpengaruh signifikan terhadap corporate social responsibility, (8) corporate social responsibility tidak dapat memediasi pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan, (9) corporate social responsibility tidak dapat memediasi pengaruh slack resources terhadap nilai perusahaan, dan (10) corporate social responsibility tidak dapat memediasi pengaruh good corporate governance terhadap nilai perusahaan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.