PENGARUH CEO MASCULINITY TERHADAP NILAI DAN KINERJA PERUSAHAAN

Authors

  • Novita Darmayanti Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Saiful Anwar Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Akuntansi, CEO Masculinity, Kinerja Perusahaan, Nilai Perusahaan

Abstract

Tidak sedikit dari research sebelumnya yang mencoba menghubungkan antara gender dengan akuntansi. research ini mencoba research terbaru dengan mencari hubungan dari sisi biologis gender dengan akuntansi melalui karakter dari pimpinan perusahaan yang mempengaruhinya untuk mengambil keputusan penting dalam suatu perusahaan. Keputusan yang dimaksud disini adalah keputusan yang berkaitan dengan investasi dan saham. Melalui pendekatan tersebut research ini mencoba mencari hubungan antara pengaruh CEO Masculinity dengan nilai dan kinerja perusahaan. CEO Masculinity di proksikan dengan perhitungan rasio fWHR (facial width-to-height ratio) menggunakan bantuan software imageJ dan diukur ketepatannya dengan menggunakan variable dummy. populasi yang digunakan dalam research ini ialah perusahaan nonkeuangan yang ada di BEI tahun 2017-2019, sampel research ini diambil menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh sebanyak 948 sampel. research ini menggunakan Structural Equation Modelling-Partial Least Squares (SEM-PLS) dengan bantuan WarpPLS 7.0. Kesimpulan yang didapat dari research ini ialah terdapat pengaruh positif dan terbukti signifikan antara CEO Masculinity dengan nilai dan kinerja perusahaan

Downloads

Published

2021-10-22

How to Cite

Novita Darmayanti, & Saiful Anwar. (2021). PENGARUH CEO MASCULINITY TERHADAP NILAI DAN KINERJA PERUSAHAAN. Seminar Nasional Akuntansi Dan Call for Paper, 1(2), 627–636. Retrieved from https://senapan.upnjatim.ac.id/index.php/senapan/article/view/209

Issue

Section

Articles