PENGARUH MULTINASIONALITAS, PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN LEVERAGE TERHADAP TRANSFER PRICING

Authors

  • Novrian Wahyu Hariaji Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Fajar Syaiful Akbar Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

multinasionalitas, profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage, transfer pricing

Abstract

Transfer pricing adalah sebuah kebijakan penentuan harga transfer oleh manajemen perusahaan kepada perusahaan afiliasi di dalam negeri maupun di luar negeri. Dewasa ini praktik tersebut disinyalir sebagai motif untuk menekan beban pajak bahkan penghindaran pajak dengan mengalihkan laba kepada perusahaan afiliasi di luar negeri yang bertarif pajak rendah. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh multinasionalitas, profitabilitas, ukuran perusahaan leverage terhadap praktik transfer pricing. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Objek penelitian ini adalah laporan keuangan dan tahunan perusahaan tambang multinasional BEI (2014-2018). Sampel dalam penelitian ini sebanyak 45 amatan dari 9 perusahaan yang telah dietapkan. Data penelitian diperoleh dari BEI. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan software SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap transfer pricing. Sedangkan, tingkat multinasionalitas dan leverage tidak berpengaruh terhadap transfer pricing.

Downloads

Published

2021-03-18

How to Cite

Novrian Wahyu Hariaji, & Fajar Syaiful Akbar. (2021). PENGARUH MULTINASIONALITAS, PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN LEVERAGE TERHADAP TRANSFER PRICING. Seminar Nasional Akuntansi Dan Call for Paper, 1(1), 36–48. Retrieved from https://senapan.upnjatim.ac.id/index.php/senapan/article/view/226

Issue

Section

Articles