PENGARUH MULTINASIONALITAS, PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN LEVERAGE TERHADAP TRANSFER PRICING
DOI:
https://doi.org/10.33005/senapan.v1i1.226Keywords:
multinasionalitas, profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage, transfer pricingAbstract
Transfer pricing adalah sebuah kebijakan penentuan harga transfer oleh manajemen perusahaan kepada perusahaan afiliasi di dalam negeri maupun di luar negeri. Dewasa ini praktik tersebut disinyalir sebagai motif untuk menekan beban pajak bahkan penghindaran pajak dengan mengalihkan laba kepada perusahaan afiliasi di luar negeri yang bertarif pajak rendah. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh multinasionalitas, profitabilitas, ukuran perusahaan leverage terhadap praktik transfer pricing. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Objek penelitian ini adalah laporan keuangan dan tahunan perusahaan tambang multinasional BEI (2014-2018). Sampel dalam penelitian ini sebanyak 45 amatan dari 9 perusahaan yang telah dietapkan. Data penelitian diperoleh dari BEI. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan software SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap transfer pricing. Sedangkan, tingkat multinasionalitas dan leverage tidak berpengaruh terhadap transfer pricing.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.