PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN MEDIA EXPOSURE TERHADAP CARBON EMISSION DISCLOSURE
DOI:
https://doi.org/10.33005/senapan.v2i1.180Keywords:
Carbon Accounting, Carbon emission disclosure, Profitabilitas, Leverage, Media ExposureAbstract
Indonesia adalah negara penghasil emisi karbon terbesar keenam di dunia. Carbon emission disclosure merupakan wujud tanggung jawab moral dan tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat untuk mendukung upaya penurunan carbon emission. Saat ini sektor yang berkontribusi paling besar pada tingkat emisi karbon di Indonesia adalah sektor penggunaan lahan namun diperkirakan pada tahun 2030 nanti, penyumbang terbesar emisi karbon di Indonesia adalah dari sektor energi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, leverage, dan media exposure terhadap carbon emission disclosure. Penelitian ini dilakukan menggunakan data sekunder dari perusahaan sektor energi. Penentuan sektor energi berdasarkan sistem klasifikasi terbaru dari Bursa Efek Indonesia (BEI) yaitu Indonesia Stock Exchange Industrial Classification (IDX IC) periode 2017-2019. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas tidak berpengaruh terhadap carbon emission disclosure. Perusahaan dengan profitabilitas yang baik memilih untuk tidak melakikan carbon emission disclosure karena bisa jadi menganggu pencapaian finansial mereka. Leverage dan media exposure berpengaruh terhadap carbon emission disclosure karena perusahaan dengan leverage tinggi memiliki urgensi lebih tinggi dalam mengungkapkan carbon emission untuk membuat kesan bahwa perusahaan peduli akan isu lingkungan. Media berpengaruh terhadap carbon emission disclosure karena media memotivasi perusahaan untuk melakukan carbon emission disclosure untuk memperoleh respon positif dari para stakeholder.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mutiara Firdausa, Lita Yulita Fitriyani, Marita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.