DETERMINAN OPINI AUDIT GOING CONCERN
DOI:
https://doi.org/10.33005/senapan.v1i1.232Keywords:
Audit Tenure, Leverage, Opini Audit Going Concern, Opinion Shopping, Profitabilitas, Ukuran PerusahaanAbstract
Opini going concern bisa dikatakan sebagai penilaian yang diberikan auditor tentang kontinuitas pada suatu entitas. Masalah going concern akan terus ada sehingga diperlukannya faktor-faktor untuk menduga status going concern perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dampak opinion shopping, ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage dan audit tenure terhadap penerimaan opini audit going concern. Penelitian ini dilaksanakan pada perusahaan klasifikasi property dan industri real estate yang didaftarkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) di tahun 2017-2019. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilaksanakan dengan metode purposive sampling yaitu penelitian yang memanfaatkan sampel dengan kriteria tertentu dan diperoleh 126 perusahaan sebagai sampel. Teknik analisis data dalam penelitian ini memanfaatkan metode regresi logistik dengan memanfaatkan software SPSS. Hasil penelitian ini memperlihatkan mengenai opinion shopping dan profitabilitas berdampak terhadap penerimaan opini audit going concern sedangkan ukuran perusahaan, leverage dan audit tenure tidak berdampak terhadap penerimaan opini audit going concern.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.