GENDER, USIA, IPK, PENGALAMAN KERJA, TINGKAT PENDIDIKAN ORANGTUA TERHADAP TINGKAT LITERASI KEUANGAN

Authors

  • Tutik Apriyanti Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta
  • Sri Astuti Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta
  • Ichsan Setiyo Budi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.33005/senapan.v1i1.275

Keywords:

Gender, Usia, IPK, Pengalaman kerja dan Tingkat Pendidikan Orang tua

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji pengaruh variable gender, usia, IPK, pengalaman kerja dan tingkat pendidikan orang tua terhadap tingkat literasi keuangan mahasiswa FEB UPN “Veteran” Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah purposive sampling kemudian penentuan sampel menggunakan rumus slovin dengan tingkat keselahan sebesar 10% sehingga dapat diperoleh hasil sampel penelitian sebanyak 104 responden di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN “Veteran” Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online. Alat statistik yag digunakan untuk menguji hipotesis ialah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS (Statistical Package for Social Sciense) versi 25. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa variabel IPK dan tingkat pendidikan orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat literasi keuangan mahasiswa sedangkan variabel gender, usia dan pengalaman kerja tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat literasi keuangan mahasiswa.

Downloads

Published

2021-03-18

How to Cite

Tutik Apriyanti, Sri Astuti, & Ichsan Setiyo Budi. (2021). GENDER, USIA, IPK, PENGALAMAN KERJA, TINGKAT PENDIDIKAN ORANGTUA TERHADAP TINGKAT LITERASI KEUANGAN. Seminar Nasional Akuntansi Dan Call for Paper, 1(1), 616–623. https://doi.org/10.33005/senapan.v1i1.275

Issue

Section

Articles