PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN THIN CAPITALIZATION TERHADAP TAX AVOIDANCE

Authors

  • Sindy Nirmalasari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Endah Susilowati Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Good Corporate Governance, Komite Audit, Kepemilikan Institusional, Dewan Komisaris Independen, Komite Remunerasi, Thin Capitalization, Tax Avoidance.

Abstract

Research ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris pengaruh good corporate governance dan thin capitalization terhadap tax avoidance. Good corporate governance diproksikan dengan komite audit, kepemilikan institusional, dewan komisaris independen, dan komite remunerasi. Populasi dalam research ini adalah perusahaan food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017, sampel penelitian ini dipilih dengan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh 33 sampel. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modelling-Partial Least Squares (SEM-PLS) dengan menggunakan software SmartPLS 3.0. Hasil research ini menunjukkan bahwa komite audit berpengaruh signifikan pada penghindaran pajak (tax avoidance). Kepemilikan institusional, dewan komisaris independen, komite remunerasi dan thin capitalization tidak berpengaruh signifikan pada tax avoidance.

Downloads

Published

2023-08-19

How to Cite

Sindy Nirmalasari, & Endah Susilowati. (2023). PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN THIN CAPITALIZATION TERHADAP TAX AVOIDANCE. Seminar Nasional Akuntansi Dan Call for Paper, 1(1), 1–12. Retrieved from https://senapan.upnjatim.ac.id/index.php/senapan/article/view/223

Issue

Section

Articles